Manfaat Kunyit Bagi Kehidupan Sehari-hari

Kunyit adalah tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia.  Kunyit termasuk dalam kelompok ja h e-ja h ean. Tanaman ini me...


Kunyit adalah tanaman rempah-rempah yang banyak ditemukan di Indonesia. Kunyit termasuk dalam kelompok jahe-jahean. Tanaman ini mengandung antiinflamasi, antioksidan, antitumor, antibakteri, dan antivirus. Sehingga sering ditambahkan dalam makanan agar bisa menjadi rahasia sehat yang tidak kita sadari.

Adapun manfaat kunyit yang bisa kita manfaatkan dalam kehidupan sehari-hari antara lain :

1. Obat Jerawat
Cara yang bisa dilakukan untuk mengobati jerawat dengan kunyit adalah dengan cara menghaluskan kunyit lalu mencampurnya dengan air atau yogurt. Setelah itu oleskan pada jerawat atau bekas jerawat. Hal tersebut dapat mengurangi jerawat dan menghilangkan bekas jerawat.

2. Sindrom Menstruasi
Menurut sebuah penelitian, mengkonsumsi kunyit pada saat dan sesudah menstruasi akan membantu mengatasi nyeri yang biasa dirasakan. Dan minum kunyit juga bisa memperlancar menstruasi.

3. Obat Nyeri
Kunyit lebih aman digunakan untuk obat nyeri daripada obat yang dijual di warung ataupun apotek. Kunyit juga berguna untuk mendukung sistem sirkulasi darah, kekebalan tubuh, dan perbaikan jaringan. Karena nyeri bisa terjadi karena berbagai faktor.

4. Membantu Mencegah Kanker
Salah satu manfaat kunyit yang mengagumkan adalah dapat mencegah penyakit kanker. Seseorang ahli nutrisi Jonny Bowden mengatakan bahwa, “Curcumuin yang terkandung dalam kunyit memiliki khasiat anti-tumor. Baik dalam meengurangi jumlah atau ukuran tumor atau presentase dari binatang yang mengidap tumor.”

Wow.. ternyata setelah di telusuri lebih dalam kunyit ini lumayan banyak juga iya manfaatnya bagi tubuh. Oya kunyit ini juga suka ada di pedagang-pedagang jamu keliling lho. Yuk mulai dari sekarang rajin-rajin konsumsi kunyit dalam bentuk apapun, mau bentuk jamu dan lain-lain juga boleh supaya tubuh kita tetap sehat dan terhindar dari penyakit yang dapat membahayakan tubuh. Keep healthy, dear ;)

You Might Also Like

24 komentar

  1. Saya sering mengkonsumsi kunyit sebagai lalapan, agak aneh sebenarnya.. tapi saya suka, apakah hal tersebut baik untuk kesehatan mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bagus ko, kalau selama ini sering makan kunyit tidak ada pengaruh buruk ke tubuh ok-oke aja mas.

      Hapus
  2. Nice info. Terimakasih infonya mbak. Ternyata banyak sekali kegunaan kunyit ini ya, bisa ngurangin nyeri halangan datang bulan juga. Ok, coba untuk terapkan deh, biar sehat.

    BalasHapus
  3. Saya sering banget minum jamu kunyit, agak-agak gimana gituh. Bukannya kunyit juga bagus buat maag ya??

    Kemana aja neng, baru update

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada ko mas, biasa lagi bergelut sama kerjaan hehehe

      Hapus
  4. Oh jadi itu ya manfaat dari kunyit, makasih atas infonya mbak...

    BalasHapus
  5. Gw sering minum jamu kunyit asam. Terus sama emak gue diomelin takut ntar kulit gw lebih mulus daripada kulit dia, hahaha

    BalasHapus
  6. baru tau kalau kunyit bisa buat jerawat juga.
    nanti coba deh adek aku lagi banyak jerawat. Tanganku gatel banget mau eksperimen :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga bisa membantu ya, Karina :)

      Hapus
  7. Lah baru tau gue soal kunyit jadi obat jerawat, gue selama ini kayaknya kalo kunyit cuma pernah dikonsumsi dalam bentuk jamu, atau bumbu masak deh kayaknya pernah liat ibu gue ngulek2 kunyit :))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sebenernya masih banyak manfaat lain sih selain bisa buat jaga kesehatan dan bumbu masak.

      Hapus
  8. Oh ya katanya kunyit itu bisa dijadikan lulur dan utk memutihkan ya ? Biasanya sih di olesin dibagian siku, lutut gt.

    BalasHapus
  9. Waahh

    Aku baru tau itu juga bisa ngobatin jerawat lhoo

    BalasHapus
  10. Wah kunyit kan yang buat langsingin itu bisa juga kan ya mbak...
    banyak juga manfaatnya,,,..

    BalasHapus
  11. ternyata kunyit tak hnya di gunakan sebagai bumbu dapur tp kunyit bisa di gunakan untuk kecantikan

    BalasHapus
  12. Kmana aja wid..,jarang ngeblogkah? A pantas bayak minuman pereda haid rasanya kunyit

    BalasHapus
  13. saya juga pernah di kasih tahu sama ibu ibu kalau kunyit bisa jadi obat hepatitis.. tapi belum tahu kebenarannya sih.
    barangkali mba wid tahu hehe

    BalasHapus
  14. Nyeri haid. Hhaha itu aku banget.
    Biasanya aku minum kiranti dan kayaknya kandungannya ya kunyit ini

    BalasHapus
  15. ternyata kunyit bisa mencegah kanker juga ya mbak ??? baru tau aku

    BalasHapus
  16. Baru tau kunyit bisa jadi obat jerawat kirain cuma buat nyeri haid doang :)

    BalasHapus