Hindari Kebiasaan Buruk saat Bangun Tidur di Pagi Hari

Pagi adalah waktu yang paling krusial karena bisa menentukan performa aktivitas Anda. Ketika bangun pagi di awali dengan mood dan kondisi ...

Hindari Kebiasaan Buruk saat Bangun Tidur di Pagi Hari
Pagi adalah waktu yang paling krusial karena bisa menentukan performa aktivitas Anda. Ketika bangun pagi di awali dengan mood dan kondisi fisik yang baik, maka aktivitas pun berjalan lancar sepanjang hari. Tapi ketika mood negatif yang menyerang, maka kemungkinan besar Anda akan tidak bersemangat. Karena mood bisa menjadi buruk? Ini kesalahan yang umum dilakukan, yang membuat pagi Anda menjadi lesu.

1. Tergantung pada Alarm

Terbangun karena alarm sebenernya tidak terlalu baik, karena itu berarti tubuh dipaksa untuk terjaga. Akibatnya Anda merasa lemas, lesu dan masih mengantuk sehingga memencet tombol "snooze". Bukannya bangun pagi, Anda justru bisa kesiangan. Maka dari itu biasakanlah bangun pagi tanpa bantuan alarm. Tidulah lebih awal sehingga Anda bisa bangun lebih pagi. Mungkin akan butuh waktu dua hingga minggu sampai Anda terbiasa bangun pagi secara otomatis.

2. Memeriksa Ponsel

Ponsel atau smartphone kini menjadi bagian penting bagi hampir semua orang. Biasanya, hal pertama yang kita lakukan saat membuka mata adalah memeriksa apakah ada telepon masuk, pesan teks atau notifikasi email dan sosial media. Ternyata kebiasaan ini tidak direkomendasikan oleh para psikolog. Memainkan ponsel di pagi hari akan membuat orang lebih tidak bahagia dan mengurangi produktivitas kerja di siang harinya. Ketimbang melihat ponsel, lakukan kegiatan lain yang lebih bermanfaat misalnya jalan pagi, meditas atau olahraga ringan.

3. Merokok

Di pagi hari, perokok biasanya akan bangun untuk langsung menyalakan dan menghisap rokoknya, karena mereka ketergantungan nikotin. Kebiasaan ini tentu buruk bagi kesehatan juga membuat mood semakin negatif di pagi hari. Ketika tidur, tubuh tidak menerima asupan nutrisi selama beberapa jam sehingga asam lambung cenderung tinggi. Merokok di saat perut kosong akan merusak sistem pencernaan Anda.

4. Mengkonsumsi Kafein

Minum teh atau kopi dengan suus dan gula di pagi hari, saat perut dalam keadaan kosong bukanlah ide yang baik bagi lambung. Mulailah hari Anda dengan segelas air putih, lalu diikuti dengan air lemon yang bersifat alkali untuk menetralisir tingkat keasaman dalam tubuh. Baru bisa dilanjutkan dengan secangkir teh hijau hangat tanpa tambahan gula.

You Might Also Like

20 komentar

  1. nah temen-temen kita kan banyak yang ngerokok Mbak. kita tunggu deh komen terbaik teman-teman tersebut. kita menunggu saja.
    #berteduh di bawah pohon yuk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau poin nomer 1 dan 2 saya tidak pernah Mbak Ai
      Tapi kalau nomer 3 dan 4 kadang kadang sih, tapi sebelumnya
      Saya minum air bening yang sehat dan bersih , baru sarapan dan ngopi :)

      Hapus
    2. ya gak langsung ngelepus atuh Mas Zach, kalo saua sih pastinya mandi dulu pake baju dulu, kalo dah rapi duduk dulu sambil nyalain kompie jadul siapin segelas kopi panas beserta ududnya, baru deh ngelepus udud :D

      Hapus
    3. @Zach Flazz : itu udah di jawab mas sama mas marnes hehe

      @Saud Karrysta : sudah terbiasa bangun sendiri ya mas tanpa bantuan alat (alarm) :D

      Hapus
    4. sambil tolak pinggang.
      no 3 sama no 4, nyindir abieess..

      Hapus
    5. itu..pertamax...ngapain dia ada disini, coba?

      Hapus
  2. mksh teh tlah berbagi.. sangat bermanfa'at

    BalasHapus
  3. itu yang no 1 saya banget mbak set alarm jam 4 bangun tetep aja jam 5 :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau aku sih ngga biasa bangun pake alarm, udah bisa bangun sendiri :D

      Hapus
  4. Ke 4 point yang di tulis Mbak Ai ini mulai saat ini tidak akan saya
    Lakukan lagi akah biar bangun tidur saya merasa enak dan rilex

    BalasHapus
  5. Nomer 2 tuh mbak yang sulit....he..he..he...

    BalasHapus
  6. alhamdulillah 4 poin diatas tidak pernah saya lakukan mbak, tanpa alarm karena rumah dekat masjid, tidak pernah meriksa ponsel karena ponsel ada d ruang keluarga, rokok & kopi memang tidak pernah :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau rokok kan mbak perempuan, masa perempuan ngerokok yaa hahaha

      Hapus
  7. Nomer 2 sama nomer 4 aja yg masih.... :)

    BalasHapus
  8. cowok mah emang agak susah yaa mas :D

    BalasHapus
  9. semuanya gak ada pada saya mbak Ai... malahan saya terbangun saat shubuh hari....:)
    pasti itu sangat baikkan mbak.... :D

    BalasHapus
  10. bangun tanpa alarm sudah saya buktikan dan hasilnya badan lebih segar dari pada bangun pke alrm

    BalasHapus