Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Berlebihan

Berkeringat adalah reaksi tubuh untuk pendinginan. Namun, pada orang yang menderita hiperhidrosis (istilah untuk keringat berlebihan) prod...

Penyebab Telapak Tangan Berkeringat Berlebihan
Berkeringat adalah reaksi tubuh untuk pendinginan. Namun, pada orang yang menderita hiperhidrosis (istilah untuk keringat berlebihan) produksi keringat terlalu banyak sehingga menimbulkan masalah.

Hiperhidrosis menimbulkan efek psikologis dan psikososial. Orang yang menderita hiperhidrosis sering menjadi kurang percaya diri, menutup diri dan harus mengubah gaya hidup untuk mengakomodasi masalah ini. Selain itu, keringat berlebihan juga dapat menyebabkan penyakit atau iritasi kulit karena kulit basah lebih rentan terhadap infeksi bakteri dan jamur tambahan.

Penyebab Hiperhidrosis

Hiperhidrosis disebabkan oleh kerja eccrine yang terlalu aktif. Eccrine adalah kelenjar keringat yang mengatir suhu tubuh. Kelenjar ini berlokasi di seluruh tubuh sehingga semua bagian tubuh dapat berkeringat, namun hiperhidrosis terutama terjadi di telapak tangan, telapak kaki, ketiak dan wajah. Kebanyakan hiperhidrosis adalah bakat bawaan yang menurun di keluarga. Sekitar sepertiga orang dengan hiperhidrosis memiliki anggota keluarga dengan keluhan yang sama.

Beberapa hal berikut dapat meningkatkan produksi keringat:
  • Olahraga
  • Suhu panas dan lembab
  • Minuman atau makanan panas atau pedas
  • Emosi yang kuat seperti stres dan kecemasan
  • Obesitas

Faktor lain yang juga dapat menyebabkan kelebihan keringat ini, diantaranya:
  1. Makanan atau minuman tertentu. Makanan pedas, minuman panas atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol dapat membuat kita berkeringat.
  2. Obat-obatn. Morfin, tiroksin dosis tinggi beberapa anti-psikosa obat pereda nyeri.
  3. Menopouse. Wanita pada masa ini biasa mengalami hot flashes, dimana terjadi peningkatan suhu kulit yang disertai keringat dan kegerahan.
  4. Hipoglikemia. Kadar gula darah yang rendah sering dijumpai pada penderita diabetes yang mengkonsumsi insulin atau obat anti diabetes oral.
  5. Demam. Ketika suhu badan naik akan kembali ke normal, bisa disertai dengan keringat berlebihan.
  6. Hipertiroidisme. Kadang kelenjar tiroid mengeluarkan sejumlah besar hormon tiroksin. Hal ini menyebabkan penurunan berat badan, denyut jantung yang cepat atau tidak teratur, gelisah.
  7. Serangan jantung. Terjadi ketika aliran darah otot jantung berkurang.
  8. Tuberkolosis. Salah satu gejalanya adalah berkeringat di malam hari.
Beberapa kondisi seperti HIV, diabetes, penggunaan narkoba dan alkoholisme juga dapat menyebabkan berkeringat berlebihan.

Gejala Hiperhidrosis

Cara mudah untuk mengetahui jika seseorang terkena hiperhidrosis antara lain:
  • Berkeringat ekstrim sehingga membuatnya sering berganti baju. Penderitanya sering memiliki jejak basah di baju, terutama di daerah ketiak.
  • Hiperhidrosis telapak tangan ditandai dengan telapak tangan yang basah sehingga butir-butir keringat sampai menetes.
Cukup sekian yang dapat saya sampaikan untuk Anda sekalian semoga bermanfaat :)

Baca juga artikel ini sob:

You Might Also Like

5 komentar

  1. waduhhh kemaren saya mengalami itu,telapak tangan basah terus ( keringatan ) ihhh jadi ngeri deh , semoga bukan sesuatu yang seperti ditulis diatas,,,,,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas saya juga sering malah tiap hari telapak tangan dan telapak kaki keringetan terus, amin semoga aja enggak :)

      Hapus
  2. wah begitu rupanya ya Hiperhidrosis,
    kadang2 suka seperti itu

    trimakasih mba wawasannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama-sama mbak, terimakasih juga telah berkunjung :)

      Hapus
  3. kalau saudara saya mulai dari kecil mbak tangannya berkeringat, tapi penyebabnya tidak satu pun dari keterangan di atas, kira-kira apa itu memang bawaan lahir ya! mohon pencerahannya ya mbak ai wida

    BalasHapus